Membuat Panekuk Ala-Ala

Hari Sabtu dan Minggu adalah waktu yang tepat untuk belajar masak. Hari ini saya coba buat panekuk (pancake, bahasa Inggrisnya) dengan mengganti beberapa bahan penyusunnya.

Resep asal yang saya acu berasal dari sini :

200g tepung terigu

100g gula pasir

400 ml air

60g susu bubuk

20g butter

2 butir telur

¼ sendok the garam

Yang saya buat setengah porsi dan ubah menjadi begini dengan beberapa catatan :

100g       tepung terigu all purpose

45g         gula kelapa (atau sesuai selera)

150ml    air (genapkan 200ml untuk mengurangi konsistensi adonan

10g         margarin, dicairkan (pakai butter sepertinya lebih baik, namun sayang saya males beli. Haha)

1 butir   telur (dengan sebutir saja masih terasa sekali amisnya. Hmm)

Sejumput garam

Topping : ½ butir apel, 30g coklat 70% leleh, madu, taburan gula kelapa

Tanpa bubuk pengembang memang adonan tidak terlalu berongga, tapi yasudahlah, karena berusaha meminimalisasi yang kimia-kimia, beginilah jadinya. Tujuan penggantian gula tebu ke gula kelapa juga adalah karena perkara ingin mengurangi asupan glukosa darah saja. Jadi jika Anda masih setia dengan gula tebu, ya monggo lho.

dscn1121

Niatnya mau dihias supaya seperti chef pastry ala-ala. Apa daya tangan kurang terampil.

dscn1126_3

Pembelajaran.

Nah ini yang penting.

  • Takaran tepung yang saya gunakan pas untuk 2 orang. Karena saya hanya seorang saja di kontrakan, saya agak kepayahan menghabiskannya. Saya tidak terlalu suka manis dan efek terigu rasanya mulai kurang diterima tubuh, entah kenapa, karena bikin perut saya terasa “full” dalam sekejap.
  • Dark chocolate 70% sangat membantu mengurangi kesulitan tersebut, tapi bagi Anda yang mau bikin ini buat anak-anak, mungkin sebaiknya diganti milk chocolate saja atau dark chocolate kadar rendah (60% ke bawah).
Leave a Reply

