Presentasi Pertama

*Tulisan-tulisan dengan pilihan kata ganti subyek “aku” bersifat reflektif dan personal, tapi saya unggah karena mungkin suatu hari saya akan membacanya kembali untuk mengingat-ingat pernah di situasi ini (dan menertawakannya). Seringkali akan tidak bermutu, tapi bagaimana ya. Kadang-kadang saya nggak se-tangguh yang terlihat sih :p

Kalau malas baca, skip aja  ya, sis bro.

Hari ini adalah pertama kalinya aku mulai presentasi lagi, setelah 7 tahun yang lalu presentasi ilmiah terakhirku adalah tentang hasil penelitian skripsiku. Mulanya kukira akan mudah karena aku yakin dengan kerapnya berbicara di depan orang banyak akan membuatku santai berada di depan kawan-kawan sekelas.

Namun, ternyata tidak juga.

Tujuh tahun absen dari dunia akademik ternyata bukan hal yang patut dibanggakan ketika akhirnya kuputuskan untuk kembali sekolah master. Haha curhat banget ya, tapi betulan. Ketika akhirnya kuajak bicara baik-baik diriku yang keras kepala ini, bahwa aku akan kembali ke dunia akademik, aku berusaha betul untuk membungkam si pemberontak yang menyangsikan niatku untuk belajar.

Kata dia, “Yakin, Sin? Bener, yakin? Food science lho ini bukan food trial and error yang kamu lakukan beberapa tahun terakhir. Yang lebih pinter dari kamu banyak, biar mereka-mereka ajalah yang jadi penerus pejuang-pejuang dunia akademik. Udahlah, lahanmu bukan di sini.”

Tentu saja pernyataan ini langsung ditolak mentah-mentah oleh sisi paling positif dari diriku. “Loh, memang kenapa? Pintar itu kan paling 10% aja. Pemberian, bakat dari lahir. Sisanya ya kegigihan dan usaha.” Dan keberuntungan, tambah suara hati yang lain.

Berisik sekali suasana hatiku saat itu. Namun pada akhirnya, aku tahu bahwa aku harus memutuskan sesuatu. Jadilah, aku hanya mengiyakan pilihan yang ditawarkan orang lain yang kuyakini benar, bukan pilihan yang berasal dari keinginanku sendiri (aku ingin melanjutkan pendidikan, tapi bukan science murni). Pilihan yang kalau orang bilang aman dan nyaman, tapi kalau kubilang, ini pilihan paling tak ada gregetnya sepanjang 7 tahun terakhir : sekolah dengan biaya orangtua, tinggal di rumah orangtua, dan dihantui lirikan serta pertanyaan kapan nikah dari beragam sudut, mulai sudut orang terdekat hingga anak kemaren sore.

Ngomong-ngomong, seharusnya sudah sejak 3 tahun yang lalu aku kembali ke dunia akademik, dan seharusnya tahun ini aku sudah sibuk menyusun jalan karir, membangun jaringan, (cukup) selesai dengan diriku sendiri dan lebih banyak berbuat untuk orang lain. Kuberi tahu ya, itu rencana idealku. Segala sesuatu yang kuawali dengan kata “seharusnya” dan akan segera disambut dengan “tapi nyatanya”.

Iya, rencana ideal. Tapi nyatanya, hidupku tidak selancar itu. Gagal menyajikan presentasi bertema mudah dengan gemilang hari ini cukup membuatku merasa tidak aman dan kehilangan 90% motivasi belajar. Sudah dengan 2 orang kawan kutanyakan tentang : kapan ya kuliah bisa resign? Rasanya tubuh dan pikiranku resisten dengan banyak hal di sini. Tapi tentu saja, jenis resign yang mana bisa kuambil uang semesteranku kemarin.

Geblek. Kata 2 temanku. Mana bisa!

Advertisements

3 thoughts on “Presentasi Pertama

  1. wulanprasojo says:

    Sin.. aku seneng ketemu blog kamu.
    I really hope you’re doing great.

    Semakin lama memang aku juga merasa duniaku “tidak ideal”, tidak seperti yang aku bayangkan dulu. Tapi mungkin yang “tidak ideal” itu yang membuat kita merasa “hidup”.
    Semoga.

    Like

    • sintamahardita says:

      hwaaaa lama banget nggak ketemu kita ya, Wulannn ribuan purnama kali..wkwk.. Aminnn semoga benar adanya, soalnya kadang2 merasa “hidup” itu cuma bisa dirasain kalo udah melewati fase itu. waktu masih di dalam fasenya, rasanya galau maksimal (seperti saat tulisan ini dibikin)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s