5 Tempat Ngopi Favorit di Jogja

Sudah pingin nulis ini sejak saya pulang ke Jogja 9 bulan yang lalu, tapi baru sekarang jadi tulisan haha. Pertama-tama, mari kita batasi dulu yang mana yang disebut “favorit”. Favorit artinya adalah tempat tersebut punya menu kopi yang enak, tidak terlalu ramai, dan situasinya menyenangkan untuk bekerja sendiri atau bertemu kolega. Ini dia!

 

  1. Dasmu Works

Tempat: Minimalis, nggak ribet, unik. Ada mobil keren yang disulap jadi bar di dalam garasi. I love everything about this place. Kopinya, suasananya, koneksi internetnya, kursi dan mejanya, harganya. Sederhana, nggak ribet, gesit pelayanannya, dan minuman espresso based nya selalu double shot. Pagi, siang, sore, malam, pernah saya coba buat mampir ke sana dan mood selalu baik kalau pulang dari sana. Di beberapa tempat, saya kerap kali dapat minuman yang antara kopi, susu, es, dan gulanya nggak menyatu. Sudah diaduk, disruputnya juga barengan dari sedotan yang sama, tapi pecahnya beda-beda.  Di Dasmu, nggak ada ceritanya bisa begitu. Laf!

Menu makanan: cake, sandwich, kentang goreng, sosis platter, rice bowl, beberapa vegan

Menu minuman rekomendasi : Gal, con hielo, cappuccino, less sugar+ice.

Area rokok dan bebas rokok : terpisah secara jelas. Ramah anak? Yes!

Akun IG : di sini

 

  1. Pitutur Kopi

Tempat: Walau berlokasi di pinggir jalan besar di pusat kota Yogyakarta bagian Lempuyangan, kedai kopi ini tidak pernah terasa bising. Area rokok dan bebas rokok dibatasi sebuah pintu rumah yang langsung menyambut tamu dengan bar ketika pertama kali pelanggan datang. Musik yang dimainkan seringkali musik instrument, hanya kadang kala lagu-lagu santai berlirik. Koneksi internet oke, lebih disarankan untuk yang datang sendiri mengerjakan tugas atau bertemu tidak untuk mengobrol secara urakan. Karena password wifinya saja : lirihkansuara.

Biasanya saya selalu pesan kopi hitam karena they always brew it seriously! Ragam biji kopinya juga banyak dan terkurasi dengan baik. Kemarin saya coba pesan espresso based nya (vanilla latte), dan PERFECTO serius sih ngga main-main hamba. Harganya lumayan kalo buat saya (jadi ngga bisa sering-sering gitu haha), tapi ada harga ada rupa sih di sini. Ohya, mereka pakai sedotan ramah lingkungan lho!

Menu makanan : kue/croissant

Menu rekomendasi : filter coffee, vanilla latte ice less sugar (enak banget huft)

Area rokok dan bebas rokok : terpisah secara jelas. Ramah anak? Yes!

Akun IG : di sini

 

 

  1. Aegis Coffee

Tempat : di tengah-tengah hingar bingar Seturan. Tidak ada menu makanan, hanya ada croissant. Menu kopi dan signature drink nya cukup bervariasi. Terang, warna ruangannya dominan putih jadi kesannya bersih dan lapang. Pas untuk ngobrol atau kerja sendiri. Ruangan nggak terlalu sempit jadi orang ngobrol berempat masih bisa ditoleransi suaranya. Koneksi internetnya belum pernah mengecewakan sih. J

Menu makanan : croissant

Menu rekomendasi : kokonattsu (espresso+coconut milk sebagai pengganti freshmilk+gula) +es

Area rokok dan bebas rokok : terpisah secara jelas. Ramah anak? Yes! Tapi jarang ada anak-anak di sini, mahasiswa lebih banyak

Akun IG : di sini

 

  1. Imba COffee

Tempat: Saya suka kursinya. Sangat ergonomis, terutama yang di meja panjang, bisa untuk 8 orang. Pas dan bikin betah laptopan berjam-jam. Jangan khawatir dengan suara bising, daftar lagu yang diputar pun santai. Internetnya cepet, ada mushola, dan kamar mandi yang luas! 😀

Menu makanan : croissant

Menu rekomendasi : signature

Area rokok dan bebas rokok : terpisah secara jelas. Ramah anak? Yes!

Akun IG : di sini

 

  1. Pier Coffee

Tempat : suasananya Jogja banget. Buka dari jam 2 siang hingga malam, tempat nitip sangrai dan beli biji sangrai dengan minimum pembelian 100gram. Jarang sekali penyangrai yang jual biji 100 gram kan? Nah, di Pier, kebutuhan untuk membeli dalam porsi kecil terpenuhi. Ada ruang untuk menikmati kopi yang diseduh di tempat dengan harga kopi 10.000-15.000. Saya paling suka duduk di kursi di barat ruang seduh, menghadap parkiran motor. Kenapa? Karena tidak terpapar asap rokok. Lols. Tidak ada internet, karena datang ke sini tujuannya hanya 2, beli biji sangrai atau bertemu kawan.

Menu makanan : tidak ada. Tapi ada kedai makanan di sebelahnya, berbagi ruang usaha gitu.

Menu rekomendasi : kopi hitam (filtered)

Area rokok dan bebas rokok : tidak ada batas

Akun IG : di sini

Advertisements

3 thoughts on “5 Tempat Ngopi Favorit di Jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s